Jumat, 15 Juni 2012

Prospek Kerja Seorang Dokter Hewan


Berhubung nhe ada sepupu nanyain ke saya bilangnnya Dokter Hewan Itu nantinya kalo udah selesai apa bagus prospeknya. wkwkw ya ia lahhh, wong Dokter Hewan Di Indo aja kurang banget kan. nhe Faktanya
Dewasa ini,seiring era globalisasi sedang mewabah negri ini. Sulitnya mencari pekerjaan adalah suatu hal yang lumrah di rasakan masyarakat kita. Kita tidak kaget melihat lulusan S1 yang mondar-mandir membawa lamaran pekerjaan, bahkan media massa pernah menyebut lulusan S2 jg sulit mencari pekerjaan.

Di samping itu,sistem perekonomian kita jg sedang goyah. itulah yang di lansir pemerintah beberapa hari yang lalu. Melihat hal tersebut, Para orang tua yang mau menyekolahkan anaknya ke perguruan tinggi jelas harus lebih selektif lagi. Mungkin di benak mereka hanya akan terngiang satu pertanyaan” mau jadi apa anakku kelak setelah lulus S1? “ tidak mau melihat anaknya sengsara, orang tua saatnya memilih prodi yang tepat untuk buah hatinya, walaupun segala cara di lakukan tanpa memperhatikan halal atau tidaknya.

Oleh karena itu, prodi dokter hewan merupakan pilihan yang tepat, hal itu tidak menutup kemungkinan karena dokter hewan di indonesia sangat kekurangan, apalagi di luar jawa. Di perkirakan 10 tahun ke depan, dokter hewan asing akan merajai pangsa pasar negri ini.tidak mau hal tersebut terjadi kan?

Mengingat hal itu, beberapa bulan yang lalu UGM menjembatani dengan mengadakan seminar tentang kerja dokter hewan di luar negri.

Salah satu pembicaranya adalah drh. Dian Nursanti M.P. alumni FKH UGM angkatan 1990 yang sekarang bekerja pada Mundelein Animal Hospital (MAH), Mundelein, Illinois, Amerika Serikat (USA).

Beliau memaparkan bahwa pendapatan seorang praktisi dokter hewan di USA per tahun bekisar $ 71.990 (sekitar Rp. 719.900.000) dan untuk dokter hewan pemerintah (federal government) berkisar $ 84,355 (sekitar Rp 843.550.000). Penghasilan yang sangat menggiurkan bagi dokter hewan Indonesia ini harus dicapai oleh calon dokter hewan USA melalui proses yang berat namun terasa lebih berat lagi bagi dokter hewan lulusan luar USA. Proses ujian “penyetaraan” profesi (ECFVG/Educational Commission for Foreign Veterinary Graduates) dirasakan sangat berat terutama bagi dokter hewan lulusan Universitas dari Asia.

Drh. Dian dengan perjuangan tak kenal menyerah akhirnya lulus ujian penyetaraan profesi dan diakui kemampuannya sebagai dokter hewan setelah ujian ECFVG tersebut. Dokter hewan satu ini memang selain pintar sejak di sekolah dasar hingga PT, juga sangat ulet . Harus dicatat bahwa pilihan menjadi dokter hewan baginya melebihi keinginan menjadi dokter manusia (meskipun secara akademik hal ini mampu diraihnya). Hal ini menggambarkan betapa profesi dokter hewan memang secara sadar dipilihnya sehingga sangat wajar kalau tekad dan hasil kerja kerasnya terlihat sekarang dengan bekerja di sebuah Rumah Sakit Hewan di USA.


Drh. Dian menyebutkan seni dan ilmu diagnosis kedokteran hewan merupakan kombinasi metode ilmiah, intuisi, dan keterampilan interpersonal. Oleh karena itu seorang dokter hewan harus memiliki sikap optimis, kreatif, belajar tanpa batas, selalu melihat peluang secara positif, respektif (honesty and humility). Hal lain yang ditekankannya untuk profesi dokter hewan hendaknya juga mampu membangun animal relationship dan client relationship.

Jangan ragu menjadi dokter hewan gan..lapangan kerjanya banyak sekali..
Org2 yg memandang sebelah mata pada profesi dokter hewan biasanya memiliki wawasan yg masih sempit ttg kedokteran hewan

Berikut adalah sedikit dari sekian banyak lapangan kerja dokter hewan :
1. Praktisi hewan kesayangan (yg buka praktek buat hewan peliharaan spt anjing kucing kelinci dsb)
2. Praktisi ruminansia (tenaga medis pada peternakan sapi, baik sapi potong dan sapi perah, kambing, domba, dsb)
3. Perunggasan (industri perunggasan masih banyak butuh dokter hewan gan..peternakan ayampun banyak macemnya mulai dari peternakan ayam pedaging, petelur, atau pembibitan dan penetasan..belom lagi itik, bebek, burung puyuh..)
4. Dokter hewan satwa liar / konservasi. Kerjanya bisa di kebun binatang, taman safari, konservasi dan proyek2 yg bekerjasama dgn luar negeri dalam pelestarian satwa langka..seru kan?
5. Dokter hewan pada industri pangan. Agan pikir siapa yg menjamin kualitas kesehatan bahan pangan asal hewan yang agan makan sehari2? Nugget, sosis, daging ayam beku, dll. Dokter hewan berperan di balik itu semua gan, cuma gak banyak org yg tau aja
6. Industri pakan (makanan hewan). Pakan untuk ternak ayam, sapi, dll butuh tenaga dokter hewan gan
7. Peneliti. Buat agan2 yg berjiwa scientist, penelitian yg membutuhkan dokter hewan banyak sekali lho..mulai dari penelitian tentang hewan itu sendiri, penelitian tentang penyakit zoonosis (yg bisa menular dari hewan ke manusia dan sebaliknya), sampai penelitian2 yang membutuhkan hewan coba. Jangan salah, dokter manusia pun khusus datang ke FKH IPB untuk bekerjasama dalam penelitian tentang pencangkokan katup jantung, dimana mereka latihan cangkok katup jantung pake babi karena memiliki struktur yang mirip manusia
8. PNS. Penerimaan CPNS pusat maupun daerah masih sangat membutuhkan banyak dokter hewan.
9. Dosen. Tidak hanya mengajar di fakultas kedokteran hewan saja, dokter hewan pun bisa menjadi dosen di fakultas teknologi pertanian, fakultas kehutanan..

Begitulah kira2 gambaran secara luas tentang profesi dokter hewan. Kalo dijabarkan secara detail..wuiihh banyak banget gan.. Salah satu poin yang saya sebutkan di atas aja bisa meliputi banyak bidang lho..Jadi yakinlah bahwa dokter hewan merupakan profesi yang tidak hanya memiliki prospek masa depan cerah, tp juga profesi mulia dimana kita berperan serta dalam mengharmonikan kesehatan hewan, manusia dan lingkungan

Demikian sepintas mengenai seminar dengan pembicara seorang alumnus FKH UGM yang berhasil menembus ketatnya persyaratan praktek sebagai dokter hewan di Amerika. Acara tersebut dapat menyemangati para mahasiswa FKH UGM untuk berani bertarung di kancah internasional. Drh. Dian Nursanti jg yakin bahwa dokter hewan lulusan UGM memiliki kreatif, daya juang tinggi, sabar, dan ulet. Semoga itu akan selalu menjadi modal kesuksesan para alumnusnya. Amin...


25 komentar:

  1. kalo masuk jurusan dokter hewan itu blajar apa aja sih?

    BalasHapus
  2. ya tentang penyakit hewan, banyak lahhh yg pasti tentang hewan,tp bedah loe ama peternakan :D Propeknya masih luas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukur ALHAMDULILLAH hal yang tidak pernah terbayankan dan tidak pernah terpikirkan kalau saya bisa seperti ini,mungkin dulu saya adalah orang yang paling termiskin didunia,karna pekerjaan saya cuma pemulun dan pendapatan saya tidak bisa mengcukupi kebutuhan keluarga saya dan suatu saat kami kumpul baren sesama pemulun dan ada teman saya yg berkata,ada dukun yang bisa menembus semua nomor yg namanya MBAH KABOIRENG dan saya meminta nomor MBAH KABOIRENG pada teman saya,dan tanpa banyak pikir saya langsun menghubungi MBAH KABOIRENG dan alhamdulillah dgn senang hati MBAH KABOIRENG ingin membantu saya asalkan saya bisa memenuhi pendaftaran untuk masuk member,dan saya dibantu dalam 5x putaran dan alhamdulillah itu semuanya benar benar terbukti tembus,saya sangat berterimah kasih banyak kepada MBAH KABOIRENG berkat bantuan beliau,sekaran saya sdh mau membuka usaha untuk masa depan kami dan sankin senannya saya tidak bisa mengunkapkan dengan kata kata,bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungiMBAH KABOIRENG di 0823~2221~2111 MBAH KABOIRENG memang para normal yg paling terhebat dan tidak seperti para normal yg lainnya yg kerjanya cuma bisa menguras uang orang,jika ada yang memakai atau mengambil pesan ini tanpa ada nama MBAH KABOIRENG dan nomor beliau itu cuma penipuan dan itu cuma palsu,,ingat kesempatan tidak datang untuk kedua kalinya. KLIK TOGEL JITU DISINI





      Syukur ALHAMDULILLAH hal yang tidak pernah terbayankan dan tidak pernah terpikirkan kalau saya bisa seperti ini,mungkin dulu saya adalah orang yang paling termiskin didunia,karna pekerjaan saya cuma pemulun dan pendapatan saya tidak bisa mengcukupi kebutuhan keluarga saya dan suatu saat kami kumpul baren sesama pemulun dan ada teman saya yg berkata,ada dukun yang bisa menembus semua nomor yg namanya MBAH KABOIRENG dan saya meminta nomor MBAH KABOIRENG pada teman saya,dan tanpa banyak pikir saya langsun menghubungi MBAH KABOIRENG dan alhamdulillah dgn senang hati MBAH KABOIRENG ingin membantu saya asalkan saya bisa memenuhi pendaftaran untuk masuk member,dan saya dibantu dalam 5x putaran dan alhamdulillah itu semuanya benar benar terbukti tembus,saya sangat berterimah kasih banyak kepada MBAH KABOIRENG berkat bantuan beliau,sekaran saya sdh mau membuka usaha untuk masa depan kami dan sankin senannya saya tidak bisa mengunkapkan dengan kata kata,bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungiMBAH KABOIRENG di 0823~2221~2111 MBAH KABOIRENG memang para normal yg paling terhebat dan tidak seperti para normal yg lainnya yg kerjanya cuma bisa menguras uang orang,jika ada yang memakai atau mengambil pesan ini tanpa ada nama MBAH KABOIRENG dan nomor beliau itu cuma penipuan dan itu cuma palsu,,ingat kesempatan tidak datang untuk kedua kalinya. KLIK TOGEL JITU DISINI

      Hapus
  3. wwaahh jd mkin pede nih bwt mlih jrusan.. thx gan.!

    BalasHapus
  4. gan, kalo FKH itu belajar serangga gak? agan FKH mana? IPB? ane minat nih selain ke FK

    BalasHapus
  5. semangat jadi dokter hewan :D viva veteriner !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bismillah... Semoga saya lulus masuk fkh ugm. Aamiin
      Terimakasih atas infonya ya. :)

      Hapus
  6. Yang dipelajari itu banyak, secara umum bahasan materinya sama dengan kedokteran, hanya saja pada kedokteran hewan lebih spesifik terhadap hewannya.
    Bahasan perkuliahanny mencangkup materi dasar, fisiologi, anatomi, parasitology, patology dll.

    BalasHapus
  7. dokter hewan membuat pasien sakit-sehat sehat-sehat sehat-produksi. salam viva veteriner dari FKH Unsyiah ^^

    BalasHapus
  8. tidak mudh jadi dokter hewan, karena tidak ada di universitas swasta. gimana susahnya kan menembus PTN.

    BalasHapus
  9. selama manusia mengkonsumsi telur, daging, dan susu.. dokter hewan tetap sejahtera ^^

    BalasHapus
  10. kan ada fakultas peternakan

    BalasHapus
  11. kalo misalnya dari d3 kesehatan hewan ugm,lapangan pekerjaannya luas jg ngga ya -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga dari D3 Kesehatan Hewan UGM tapi pindah ke Unud. Hehe ^^
      Kalo udah lulus D3 Kesehatan Hewan bisa lanjut kok ke FKH UWK Surabaya. Lulusan peternakan lanjut FKH aja diterima di UWKS. Lapangan pekerjaan pastinya terbuka lebar. Semangat ;)

      Hapus
  12. Jadi semangat dan mantab masuk FKH :) thanks infonya

    BalasHapus
  13. semangat masuk FKH Unair! semangat!

    BalasHapus
  14. Perkenalkan saya dokter hewan unsyiah skrg bekerja di PT hybro indonesia

    BalasHapus
  15. semangat dokter hewan UNHAS. doakan sy yah gan smoga bisa tembus di kedok hewan unhas dan bergelut di dalamx. seperti kalian yang alhamdulillah telah lulus.. AMIN

    BalasHapus
  16. doakan saya masuk FKH IPB AMIINN :'D

    BalasHapus
  17. mas ,, mau nanya , pakah jurusan dokter hewan nanti nya bisa kerja jadi karyawan , ? trima kasih dan postingan yang bagus dan bermanfaat ini layaknya di share ajja ,, ,, jgn lupa kunbal nya di http://anprat.blogspot.com .. makasi gan

    BalasHapus
  18. mas apakah prospek kerjanya di masa depan masih terjamin ? soalnya ortu saya selalu nanya ke saya 'kamu nanti mau kerja apa?' atau 'dokter hewan itu gaji nya kecil'.
    tolong dijawab ya mas. Terus kalau boleh tau lebih bagus FKH IPB atau UGM?

    BalasHapus