Jumat, 15 Juni 2012

Prospek Kerja Seorang Dokter Hewan


Berhubung nhe ada sepupu nanyain ke saya bilangnnya Dokter Hewan Itu nantinya kalo udah selesai apa bagus prospeknya. wkwkw ya ia lahhh, wong Dokter Hewan Di Indo aja kurang banget kan. nhe Faktanya
Dewasa ini,seiring era globalisasi sedang mewabah negri ini. Sulitnya mencari pekerjaan adalah suatu hal yang lumrah di rasakan masyarakat kita. Kita tidak kaget melihat lulusan S1 yang mondar-mandir membawa lamaran pekerjaan, bahkan media massa pernah menyebut lulusan S2 jg sulit mencari pekerjaan.

Di samping itu,sistem perekonomian kita jg sedang goyah. itulah yang di lansir pemerintah beberapa hari yang lalu. Melihat hal tersebut, Para orang tua yang mau menyekolahkan anaknya ke perguruan tinggi jelas harus lebih selektif lagi. Mungkin di benak mereka hanya akan terngiang satu pertanyaan” mau jadi apa anakku kelak setelah lulus S1? “ tidak mau melihat anaknya sengsara, orang tua saatnya memilih prodi yang tepat untuk buah hatinya, walaupun segala cara di lakukan tanpa memperhatikan halal atau tidaknya.

Oleh karena itu, prodi dokter hewan merupakan pilihan yang tepat, hal itu tidak menutup kemungkinan karena dokter hewan di indonesia sangat kekurangan, apalagi di luar jawa. Di perkirakan 10 tahun ke depan, dokter hewan asing akan merajai pangsa pasar negri ini.tidak mau hal tersebut terjadi kan?

Mengingat hal itu, beberapa bulan yang lalu UGM menjembatani dengan mengadakan seminar tentang kerja dokter hewan di luar negri.

Salah satu pembicaranya adalah drh. Dian Nursanti M.P. alumni FKH UGM angkatan 1990 yang sekarang bekerja pada Mundelein Animal Hospital (MAH), Mundelein, Illinois, Amerika Serikat (USA).

Beliau memaparkan bahwa pendapatan seorang praktisi dokter hewan di USA per tahun bekisar $ 71.990 (sekitar Rp. 719.900.000) dan untuk dokter hewan pemerintah (federal government) berkisar $ 84,355 (sekitar Rp 843.550.000). Penghasilan yang sangat menggiurkan bagi dokter hewan Indonesia ini harus dicapai oleh calon dokter hewan USA melalui proses yang berat namun terasa lebih berat lagi bagi dokter hewan lulusan luar USA. Proses ujian “penyetaraan” profesi (ECFVG/Educational Commission for Foreign Veterinary Graduates) dirasakan sangat berat terutama bagi dokter hewan lulusan Universitas dari Asia.

Drh. Dian dengan perjuangan tak kenal menyerah akhirnya lulus ujian penyetaraan profesi dan diakui kemampuannya sebagai dokter hewan setelah ujian ECFVG tersebut. Dokter hewan satu ini memang selain pintar sejak di sekolah dasar hingga PT, juga sangat ulet . Harus dicatat bahwa pilihan menjadi dokter hewan baginya melebihi keinginan menjadi dokter manusia (meskipun secara akademik hal ini mampu diraihnya). Hal ini menggambarkan betapa profesi dokter hewan memang secara sadar dipilihnya sehingga sangat wajar kalau tekad dan hasil kerja kerasnya terlihat sekarang dengan bekerja di sebuah Rumah Sakit Hewan di USA.


Drh. Dian menyebutkan seni dan ilmu diagnosis kedokteran hewan merupakan kombinasi metode ilmiah, intuisi, dan keterampilan interpersonal. Oleh karena itu seorang dokter hewan harus memiliki sikap optimis, kreatif, belajar tanpa batas, selalu melihat peluang secara positif, respektif (honesty and humility). Hal lain yang ditekankannya untuk profesi dokter hewan hendaknya juga mampu membangun animal relationship dan client relationship.

Jangan ragu menjadi dokter hewan gan..lapangan kerjanya banyak sekali..
Org2 yg memandang sebelah mata pada profesi dokter hewan biasanya memiliki wawasan yg masih sempit ttg kedokteran hewan

Berikut adalah sedikit dari sekian banyak lapangan kerja dokter hewan :
1. Praktisi hewan kesayangan (yg buka praktek buat hewan peliharaan spt anjing kucing kelinci dsb)
2. Praktisi ruminansia (tenaga medis pada peternakan sapi, baik sapi potong dan sapi perah, kambing, domba, dsb)
3. Perunggasan (industri perunggasan masih banyak butuh dokter hewan gan..peternakan ayampun banyak macemnya mulai dari peternakan ayam pedaging, petelur, atau pembibitan dan penetasan..belom lagi itik, bebek, burung puyuh..)
4. Dokter hewan satwa liar / konservasi. Kerjanya bisa di kebun binatang, taman safari, konservasi dan proyek2 yg bekerjasama dgn luar negeri dalam pelestarian satwa langka..seru kan?
5. Dokter hewan pada industri pangan. Agan pikir siapa yg menjamin kualitas kesehatan bahan pangan asal hewan yang agan makan sehari2? Nugget, sosis, daging ayam beku, dll. Dokter hewan berperan di balik itu semua gan, cuma gak banyak org yg tau aja
6. Industri pakan (makanan hewan). Pakan untuk ternak ayam, sapi, dll butuh tenaga dokter hewan gan
7. Peneliti. Buat agan2 yg berjiwa scientist, penelitian yg membutuhkan dokter hewan banyak sekali lho..mulai dari penelitian tentang hewan itu sendiri, penelitian tentang penyakit zoonosis (yg bisa menular dari hewan ke manusia dan sebaliknya), sampai penelitian2 yang membutuhkan hewan coba. Jangan salah, dokter manusia pun khusus datang ke FKH IPB untuk bekerjasama dalam penelitian tentang pencangkokan katup jantung, dimana mereka latihan cangkok katup jantung pake babi karena memiliki struktur yang mirip manusia
8. PNS. Penerimaan CPNS pusat maupun daerah masih sangat membutuhkan banyak dokter hewan.
9. Dosen. Tidak hanya mengajar di fakultas kedokteran hewan saja, dokter hewan pun bisa menjadi dosen di fakultas teknologi pertanian, fakultas kehutanan..

Begitulah kira2 gambaran secara luas tentang profesi dokter hewan. Kalo dijabarkan secara detail..wuiihh banyak banget gan.. Salah satu poin yang saya sebutkan di atas aja bisa meliputi banyak bidang lho..Jadi yakinlah bahwa dokter hewan merupakan profesi yang tidak hanya memiliki prospek masa depan cerah, tp juga profesi mulia dimana kita berperan serta dalam mengharmonikan kesehatan hewan, manusia dan lingkungan

Demikian sepintas mengenai seminar dengan pembicara seorang alumnus FKH UGM yang berhasil menembus ketatnya persyaratan praktek sebagai dokter hewan di Amerika. Acara tersebut dapat menyemangati para mahasiswa FKH UGM untuk berani bertarung di kancah internasional. Drh. Dian Nursanti jg yakin bahwa dokter hewan lulusan UGM memiliki kreatif, daya juang tinggi, sabar, dan ulet. Semoga itu akan selalu menjadi modal kesuksesan para alumnusnya. Amin...


Hore, Uang SPP Mahasiswa Unhas Turun Rp 300 Ribu

Kabar gembira bagi mahasiswa Universitas Hasanuddin, Makassar. Rektor Unhas, Prof Idrus A Paturusi, saat Rapat Koordinasi Pimpinan Universitas Hasanuddin, Selasa (5/6/12) menjelaskan, peluang menurunkan Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) terbuka dengan adanya Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, seperti juga Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang digelontorkan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendiknas kepada sekolah dasar hingga menengah tingkat atas.


Khusus di Unhas, biaya SPP ini rata-rata dikurangi Rp 300.000 per tahun untuk seluruh mahasiswa Unhas. Dengan adanya penurunan tarif ini, SPP mahasiswa non-eksakta setahun  dari Rp 1.200.000 ( Rp 600.000/semester) menjadi Rp 900.000 atau Rp 450.000 per semester. Sedangkan untuk mahasiswa eksakta setahun dari Rp 1.500.000 (Rp 750.000/semester) menjadi  Rp 1.200.000 atau Rp 600.000 per semester.

‘’Penurunan SPP ini secara resmi akan diputuskan dan ditetapkan dalam rapat Unhas mendatang,’’ kata Idrus A Paturusi melalui Kepala Humas Unhas M Dahlan Abubakar usai Rapat Koordinasi Unhas.

Menurut Rektor Unhas, BOPTN tersebut, akan dimanfaatkan untuk kegiatan pengabdian pada masyarakat, pemeliharaan fasilitas (bukan membangun baru), penambahan bahan praktik, pengadaan bahan perpustakaan, pelaksanaan kegiatan penjaminan mutu, langganan daya/jasa, pembelajaran/Information Communication Technology (ICT), kegiatan kemahasiswaan, dan membayar honor dosen non=PNS/dosen luar biasa dan dosen tamu.

Selain menurunkan biaya SPP, Unhas juga akan berencana menyubsidi biaya pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Dalam rapat koordinasi tersebut berkembang usulan menghapus biaya pelaksanaan KKN, namun Rektor menjelaskan, Unhas tidak dapat menghapuskan biaya tersebut, kecuali menguranginya. 

Sebab, seluruh tarif yang berlaku di Unhas sudah termuat dalam Berita Negara Republik Indonesia No.126/2012, sesuai Peraturan Menteri Keuangan RI No.12/PMK.05/2012 tanggal 30 Januari 2012, tentang Daftar Tarif Layanan Badan Layanan Umum (BLU) Universitas Hasanuddin pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Di  dalam daftar tersebut (dapat dikunjungi pada website:unhas.ac.id), seluruh tarif di Universitas Hasanuddin dapat dibaca. Bahkan, sampai kepada harga karcis masuk kolam renang Unhas tercantum tarifnya.


note : yang turun ternyata hanya non IPA


Kamis, 14 Juni 2012

10 Jenis Ular paling Berbisa dan Mematikan di Dunia



1.Hydrophis Belcheri (Most Venomous Snake)
Hydrophis Belcheri (Most Venomous Snake) adalah  ular paling berbisa dan berbahaya didunia ,racunnya paling mematikan dari semua jenis ular,bahkan bisa dari ular ini 100 kali lebih mematikan dari Taipan. Ular ini juga raja dari segala raja ular paling berbisa di dunia







2. Belcher’s Sea Snake ( Hydrophis Belcheri )
Belcher’s Sea Snake ( Hydrophis Belcheri ) adalah ular paling mematikan dan paling berbisa didunia dengan hanya 1 milligrams (mg) bisa racun dari Belcheri’s ini cukup untuk membunuh lebih dari 1000 orang dalam waktu 15 s/d 35 menit saja.








3. Taipan Snake Family
Taipan Snake Family adalah jenis paling mematikan yang hidup di darat. Beberapa milligrams (mg) bisa nya sanggup membunuh 100 orang lebih, 250.000 tikus. Di temukan di Australia Barat.











4. Krait ( Bungarus Caeruleus )
Krait ( Bungarus Caeruleus ) adalah  jenis ular yang  memiliki Bisa 15 kali lebih mematikan dari ular Kobra. banyak Di temukan di India, Sri Lanka dan Pakistan.







5. Philippine Cobra ( Naja Naja Philippinensis )
Philippine Cobra ( Naja Naja Philippinensis ) adalah  jenis Ular kobra yang banyak ditemukan di Filipina.










6. King Cobra ( Ophiophagus Hannah )
King Cobra ( Ophiophagus Hannah )adalah jenis ular yang Bisa nya sangat mematikan dan ukurannya bisa mencapai 5,5 meter. Di temukan di Thailand, Cina Selatan, Malaysia , India Selatan dan Filifina.










7. Russell’s Viper ( Vipera Russellii )
Russell’s Viper ( Vipera Russellii ) ini dapat Di temukan di Srilanka, Cina Selatan, India, Malaysia dan Indonesia.









8. Black Mamba ( Dendroaspis Polylepis )
Black Mamba ( Dendroaspis Polylepis )adalah jenis Ular paling mematikan dan menakutkan di Afrika, panjang dapat mencapai 4,3 meter









9. Yellow-Jawed Tommygoff ( Bothrops Asper )
Yellow-Jawed Tommygoff ( Bothrops Asper ) adalah  jenis ular yang sangat cepat berkembang biak dan mempunyai banyak anak, dapat ditemukan di Meksiko dan Amerika Selatan.









10. Multibanded krait
( Bungarus Multicinctus )
Kini Populasinya sudah mulai langka.ular berbisa ini banyak Di temukan di Cina.












Sumber : info-infounik.blogspot.com

10 Jenis Hewan Paling Langka di Indonesia



Indonesia memiliki Banyak keanekaragaman satwa yang tersebar dari sabang sampai merauke. Ini karena wilayah indonesia memiliki hutan yang sangat luas yang banyak di tempati oleh Hewan - hewan. Hewan yang ada di indonesia juga sangat bervariasi, dari hewan yang sering kita jumpai sehari-hari sampai hewan yang sudah langka.  Hewan langka di indonesia, adalah hewan yang statusnya dilindungi oleh negara, artinya hewan ini tidak boleh di bunuh atau di jual belikan. Dan jika ada  yang membunuh atau menjual belikan hewan yang dilindungi makan akan dikenakan sanksi hukum.

Berikut 10 Jenis Hewan Paling Langka di Indonesia :

1. Orang Hutan
Orang Hutan adalah hewan jenis kera yang memiliki rambut lebih panjang daripada jenis kera yang lain. Hewan ini Tersebar di hutan kalimantan dan hutan Sumatra. Orang Utan sendiri berasal dari bahasa indosnesia yang artinya adalah manusia yang hidup di hutan. Memang orang utan memiliki banyak kesamaan dengan manusia. dari segi bentuk dan DNA hampir sama. Makanan utamanya adalah buah-buahan. Ancaman orangutan adalah habitat yang semakin sempit karena kawasan hutan dijadikan sebagai lahan kelapa sawit, pertambangan dan pepohonan ditebang.






2. Burung Merak
Burung merak adalah burung yang saat ini sangat sulit kita jumpai. Burung ini sangat indah dan pasti membuat orang yang melihat ingin memilikinya. Hewan ini hampir punah, dan hewan ini sangat dilindungi oleh pemerintah. Hewan ini hidup di hutan terbuka yang memiliki padang rumput luas. Keberadaan hewan ini tak hanya ada di indonesia melainkan ada juga di negara lain seperti china, India dan Malaysia. Burung Merak memakan aneka biji-bijian, pucuk rumput dan dedaunan, aneka serangga, serta berbagai jenis hewan kecil seperti laba-laba, cacing dan kadal kecil.






3. Badak Bercula Satu
Badak bercula satu atau lebih di kenal dengan badak jawa adalah hewan yang saat ini hampir punah dan hanya bisa kita temui di taman nasional ujung kulon. Sangat disayangkan sekali memang, karena Hewan ini banyak diburu oleh manusia untuk di ambil culahnya. Mereka mengambil culah badak ini untuk digunakan sebagai obat. Badak ini sangat mematikan jika menyerang musuhnya karena memiliki culah yang sangat tajam. Akan tetapi culahnya ini biasa digunakan untuk mencari makanan. Sedangkan makanannya sendiri adalah tumbuh-tumbuhan.




4. Harimau Sumatera 
Harimau Sumatera salah satu hewan langka yang dilindungi di indonesia. Saat ini jumlahnya semakin sedikit, Keberadaannya terganggu oleh manusia yang sekarang ini sering melakukan penebangan liar dan memburunya. Harimau Sumatera mempunyai warna paling gelap di antara semua subspesies harimau lainnya. Harimau Sumatra jantan memiliki panjang rata-rata 92 inci dengan berat 300 pound atau sekitar 140kg, sedangkan tinggi dari jantan dewasa dapat mencapai 60cm. Betinanya rata-rata memiliki panjang 78 inci dan berat sekitar 91kg.




5. Babi Rusa
Babirusa (Babyrousa babirussa) hanya terdapat di sekitar Sulawesi, Pulau Togian, Malenge, Sula, Buru dan Maluku. Habitat babirusa banyak ditemukan di hutan hujan tropis. Hewan ini gemar melahap buah-buahan dan tumbuhan, seperti mangga, jamur dan dedaunan. Mereka hanya berburu makanan pada malam hari untuk menghindari beberapa binatang buas yang sering menyerang. Panjang tubuh babirusa sekitar 87 sampai 106 sentimeter. Tinggi babirusa berkisar pada 65-80 sentimeter dan berat tubuhnya bisa mencapai 90 kilogram.






6. Komodo
Komodo, atau yang selengkapnya disebut biawak komodo adalah spesies kadal terbesar di dunia yang hidup di pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami di Nusa Tenggara. Biawak ini oleh penduduk asli pulau Komodo juga disebut dengan nama setempat ora. Termasuk anggota famili biawak Varanidae, dan klad Toxicofera, komodo merupakan kadal terbesar di dunia, dengan rata-rata panjang 2-3 m. Ukurannya yang besar ini berhubungan dengan gejala gigantisme pulau, yakni kecenderungan meraksasanya tubuh hewan-hewan tertentu.






7. Badak Bercula Dua
Definisi dan deskripsi sama seperti badak bercula satu no. 3, namun wilayah penyebarannya hanya bisa ditemukan di Sumatera.









8. Musang Congkok
Musang Congkok (Prionodon Linsang) Hanya  bisa ditemukan di hutan pegunungan dan perbukitan di Aceh dan Sumatera Barat. Berat badannya sekitar 5kg dan panjang tubuh bisa mencapai 71cm. Sejenis hewan pemburu. Suka memanjat pohon dan senang berburu mamalia kecil dan serangga










9.Elang jawa
Elang jawa Merupakan Hewan pemangsa dengan bentuk fisik yang khas. Penyebarannya taman nasional gede pangrango, taman nasional gunung halimun, taman nasional alas purwo, taman nasional muara betiri, taman nasional baluran, gunung kawi, gunung anjasmoro, gunung salak, dan gunung slamet. jumlah populasinya saat ini hanya sekitar 250 - 300 ekor. Burung ini baru mencapai dewasa setelah 3-4 tahun dan hanya bertelur sebutir selama 2-3 tahun.







10. Singapuar
 Singapuar (Tarsius Bancanus) merupakan primata terkecil di dunia. Panjang tubuhnya hanya sekitar 12-15cm dengan berat 80-140 gr. Memiliki ukuran mata yang sangat besar (melebihi ukuran otaknya) namun hanya bisa melihat di malam hari. Perilaku sangat mirip denganburung hantu. Penyebarannya di Sumatera bagian Selatan dan Tenggara, Kepulauan Riau, dan Kalimantan








Sumber :  rofingi.com dan carapedia.com

Jenis-Jenis Anjing di Dunia

1. Labrador Retriever
Labrador Retriever  adalah salah satu anjing terpopuler didunia karena terkenal pintar dan cepat belajar. Sebagian besar Labrador Retriever sangat suka berenang di air, jadi ketika berburu , mereka sering disuruh untuk mengambil hewan buruan yang jatuh ke air. Anjing Labrador diperkirakan berasal dari pulau Newfoundland . Bentuk badannya seimbang jadi cocok dijadikan anjing pekerja maupun anjing peliharaan, serta otak mereka juga cepat menangkap apa yang diajarkan.


Sesuai dengan namanya, Labrador Retriever senang mengambilkan sesuatu (retrieve) untuk sang majikan. Secara naluri, anjing Labrador senang sekali membawa barang dengan mulut, dan tidak jarang senang memasukkan tangan atau lengan orang ke dalam mulut dan menggigit-gigitnya seperti mengajak bermain. Anak anjing Labrador juga perlu dilatih agar tidak menggigit-gigit barang kepunyaan orang secara sembarangan seperti sepatu atau handuk. Umur rata rata anjing Labrador Retriever adalah 12 - 13 tahun. Secara umum, Labrador merupakan anjing ras yang sehat dan relatif hanya memiliki sedikit masalah kesehatan.  


2. Chihuahua

 Chihuahua adalah jenis anjing terkecil didunia yang diketahui . Namanya didapat dari nama Kota Chihuahua di Meksiko. Anak chihuahua sering disangka hamster, karena mukanya yang pipih, sangat kecil, dan bulu tipis. Mereka memiliki 2 tipe , berbulu panjang dan berbulu halus .  














3. Pudel atau Poodle
Pudel atau Poodle  adalah anjing yang berbulu keriting. Anjing ini sering dikonteskan karena bulunya yang panjang dan mudah dipotong sesuai selera. Pudel memiliki bermacam warna seperti hitam,putih dan juga coklat.
















4. Chow Chow
Chow Chow adalah salah satu jenis anjing tertua didunia yang berasal dari China. Kaki anjing ini sedikit bengkok sehingga pada saat lari sedikit kaku. Anjing ini memiliki karakter yang jinak, sopan, serius, dan loyal terhadap majikannya. Umur hidup Chow Chow 9–15 tahun , dan sekali melahirkan anak biasanya 5 ekor.




6. Shar Pie
Shar Pei memiliki keunikan pada kulitnya yang keriput . Pada masih kecil , keriputnya sangat tampak , namun ketika dewasa , keriputnya menghilang dan menyatu dengan kulit. Shar Pei juga termasuk anjing tertua di dunia. Cara memelihara yang salah dapat mengakibatkan Sharpei dewasa masih memiliki keriput yang meliputi seluruh tubuh. Dengan telinga yang kecil, bermoncong seperti kuda nil dan buntut yang tegak, Sharpei memang sangat unik. Masa hidupnya 7 - 10 tahun
 





7. Akita Inu
Akita Inu adalah anjing yang berasal dari Jepang. Akita Inu termasuk salah satu dari enam anjing trah Jepang. Anjing ini termasuk jenis anjing baru, dan baru diakui sebagai ras anjing sekitar 100 tahun yang lalu.


Akita Inu memiliki kemampuan berburu yang hebat. Karena ukuran dan keberaniannya, Akita Inu menjadi anjing pemburu yang handal, dimana buruannya berupa babi hutan, rusa besar, dan beruang Yezo berukuran besar yang berada di Provinsi Akita.


8. Shiba Inu
Shiba Inu juga berasal dari Jepang. Shiba Inu termasuk jenis anjing unggulan. Shiba Inu sudah ada sejak zaman kuno.Shiba Inu merupakan satu-satunya tipe anjing berukuran badan sedang sehingga populer sebagai anjing peliharaan. Pemelihara anjing di Jepang didata 80% memelihara jenis anjing Shiba Inu.


Hasil analisa DNA membuktikan bahwa Shiba Inu merupakan anjing ras yang "paling primitif" dan paling tua. Sebagian besar penggemar mengatakan Shiba Inu yang memiliki ciri-ciri khas anjing zaman Jomon seperti bentuk tubuh yang berotot, riang dan lincah bergerak, sifat awas dan berhati-hati seperti anjing liar dan kepercayaan yang kuat terhadap majikan.

9. Basenji
Basenjiadalah anjing ras pemburu asal Afrika tengah. Salah satu dari 14 anjing paling "primitif" di dunia. Walaupun bisa menggeram, Basenji tidak menggonggong atau menyalak, namun bisa meniru suara menyalak bila dibesarkan bersama anjing jenis lain yang menyalak.








10. Ajak
Ajakatau ajag (Cuon alpinus)adalahanjing hutan yang hidup di Asia, terutama di wilayah selatan dan timur. Ajak tidak sama dengan serigala. Ajak merupakan anjing asli Nusantara, terdapat di pulau Sumatra dan Jawa, mendiami terutama kawasa pegunungan dan hutan. Anjing kampung dan yang lainnya yang biasa dijadikan peliharaan di Indonesia, sebenarnya merupakan anjing impor yang berasal dari daerah lain. Ajak berperawakan sedang, berwarna coklat kemerahan. Di bagian bawah dagu, leher, hingga ujung perut berwarna putih, sedangkan ekornya tebal kehitaman.


11. Shih Tzu
Shih-Tzu adalah salah satu ras anjing tertua yang berasal dari Cina. Anjing ras ini memiliki bulu yang panjang dengan berbagai warna dan pola pada bulunya. Bulunya yang panjang dapat menutupi telinga, badannya yang kokoh, moncong pendek, dan kaki pendek. Umumnya, anjing ini memiliki sifat lincah, sangat waspada, pintar, dan memiliki emosi yang baik namun juga angkuh.

Pemelihara anjing juga suka memelihara jenis Shih Tzu ini karena bulunya yang dapat diikat dan dimodeli seperti rambut manusia.

Anjing ini memiliki tempat terhormat di pengadilan kerajaan Cina pada dinasti Manchuria. Setelah kejatuhan dinasti tersebut pada tahun 1911, Shih-Tzu terus diperlihara di luar istana kerjaan oleh masyarakat Cina dan pendatang asing.


12.  Bulldog
Bulldog adalah salah satu anjing ras tertua di dunia yang berasal dari Inggris, maka sering dikenal sebagai English Bulldog. Mula-mula anjing ini dipelihara sebagai anjing adu/petarung dengan sapi liar/banteng, sehingga Bulldog merupakan anjing yang agresif dan tangguh.

Saat ini Bulldog dikenal sebagai anjing sahabat yang baik , tidak agresif walaupun tampangnya menyeramkan. Bulldog cocok dipelihara didalam rumah sebagai anjing keluarga yg setia dan baik.

Namun simbol sebagai anjing yang tangguh dan berani tetap melekat pada Bulldog. Bulldog banyak digunakan sebagai lambang keberanian dan ketangguhan di militer maupun anjing nasional kebanggaan Inggris.


13. Beagle
Beagle atau biasa dikenal dengan Anjing Pemburu adalah ras anjing terkecil dari famili anjing pemburu yang aslinya berasal dari Inggris. Dalam sejarahnya, anjing ini sering dimanfaatkan dalam berburu kelinci karena memiliki penciuman yang tajam walaupun pergerakkannya tidak terlalu cepat. Pada tahun 1923, populasi Beagle hampir mengalami kepunahan di Inggris karena banyak masyarakat di sana yang tidak lagi menyukai berburu bersama Beagle.




14. Kintamani
Kintamani adalah ras anjing yang berasal dari daerah pegunungan Kintamani, pulau Bali. Anjing yang memiliki sifat pemberani ini sudah lama mulai dibiakan sehingga dapat diakui oleh dunia internasional.

Secara fenotipe Anjing Kintamani mudah dikenal, dapat dibandingkan dengan jelas antara Anjing Kintamani dengan anjing-anjing lokal yang ada, ataupun anjing hasil persilangan antara ras yang sama maupun persilangan lainnya.






15.  Affenpinscher
Affenpinscher adalah salah satu ras anjing mainan (toy breed) tertua yang berasal dari Jerman pada tahun 1600-an.

Beberapa ciri fisik dari anjing ini adalah moncong tumpul, telinga simetris (dipotong atau tidak dipotong dan dapat tegak ke atas atau terlipat ke bawah), serta bulu kasar dan lebat.






16. Afgan Hound
Afghan Hound adalah salah satu jenis anjing pemburu dari Afganistan yang mengandalkan kecepatan dan penglihatan. Di dalam sejarah, anjing ini dipercaya telah ada sejak zaman Mesir kuno dan lukisannya ditemukan di dalam suatu gua di Afganistan sekitar 4000 tahun yang lalu.















17. Terrier Airedale
 Terrier Airedale adalah ras anjing asli Inggris yang merupakan jenis dengan ukuran tubuh tertinggi di antara anjing Terrier lainnya. Pada abad ke-19, anjing ini dikembangkan untuk berburu rubah, luak, dan berang-berang. Dalam sejarahnya, anjing ini berasal dari Sungai Aire, Yorkshire, suatu kawasan industri yang menyediakan tempat untuk permainan kecil bagi masyarakat dan anjing tersebut.

Umumnya anjing ini dapat hidup hingga usia 13-14 tahun dan diperlukan perawatan untuk anjing berbulu seperti ini. Pada masa Perang Dunia I dan II, anjing ini digunakan kalangan militer untuk membawa amunisi, anjing penjaga, pembawa pesan, anjing ambulans, dan anjing patroli, serta pembasmi sarang rodensia (tikus). Ras anjing ini memiliki pendengaran dan penglihatan yang tajam, serta dikenal dengan sifatnya yang berani dan lincah.




18. Malamut Alaska
Malamut Alaska adalah salah satu ras anjing bertubuh besar yang berasal dari Alaska. Dulunya ras anjing ini dimanfaatkan untuk menarik kereta barang yang tahan terhadap suhu sangat dingin, namun sekarang anjing ini dirawat sebagai peliharaan keluarga dan anjing pertunjukan.

Anjing ini memiliki sifat yang bersahabat, pintar, serta mudah menyerap pelajaran apa yang diberikan. Malamut Alaska memiliki bulu yang tebal dan kasar dengan warna yang bervariasi mulai dari hitam hingga putih. Sebagian besar ras anjing ini tampak seperti srigala berwarna abu-abu dengan corak hitam, warna putih di bagian bawah perut, dan kepala atau muka berwarna hitam.




19. Alastian Shepalute 
Alsatian Shepalute atau Alsatian Amerika adalah salah satu anjing peliharaan yang berukuran besar dan berasal dari Amerika.














20. Pauli 
Puli adalah ras anjing berukuran sedang yang berasal dari Hungaria dan dicirikan dengan bulu sangat lebat seperti "sapu".

Nenek moyang anjing ini diduga berasal dari Asia Barat kemudian dibawa ke Eropa Timur. Keberadaan ras anjing ini sempat terancam saat terjadi Perang Dunia II.












21. Yorkshire Terrier
Yorkshire Sejenis anjing yang (secara informal dikenal sebagai Yorkie) adalah jenis anjing yang masuk dalam kategori anjing mainan(Toys). Sejenis anjing bulu panjang yang dikenal suka bermain. Dibedakan dalam bulu biru dan emas.Yorkie dapat sangat kecil, pada umumnya beratnya tidak lebih daripada 3.18 kg atau 7 pon. Berat dan tingginya secara spesifik tidak ditentukan. Mereka sangat ramah dan dapat menangani anak-anak dengan baik.




22. Welsh Corgi Pembroke
Welsh Corgi Pembroke adalah anjing yang unik karena tubuhnya yang pendek dan juga panjang. Banyak orang kagum melihat anjing ini . Welsh Corgi Pembroke salah satu ras anjing yang bertubuh pendek dari daerah barat Wales.







Sumber : alam-hewan.blogspot.com

Rabu, 13 Juni 2012

Sumpah Dokter Hewan




Dengan diterimanya diri saya masuk profesi kedokteran hewan, saya bersumpah

  • Akan mengabdikan diri saya, ilmu pengetahuan dan keterampilan yang saya miliki kepada perbaikan mutu, peringanan penderitaan serta perlindungan hewan demi kesejahteraan masyarakat
  • Akan menggunakan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang saya miliki berlandaskan perikemanusiaan dan kasih sayang kepada hewan
  • Akan memberikan pertimbangan utama untuk kesembuhan, kesehatan dan kesejahteraan pasien saya, kepentingan tertinggi klien dengan mempertaruhkan kehormatan profesi dan diri saya
  • Akan selalu menjunjung tinggi kehormatan dan tradisi luhur profesi Kedokteran Hewan dengan memegang teguh Kode Etik Profesi saya
Sumpah ini saya ucapkan dihadapan Tuhan Yang Maha Esa

Fakta Tentang Satwa Liar di Indonesia

Kakatua Besar Jambul Kuning (Cacatua galerita)


Indonesia adalah negara yang kaya akan keanekaragaman hayati. Diperkirakan sebanyak 300.000 jenis satwa liar atau sekitar 17% satwa di dunia terdapat di Indonesia, walaupun luas Indonesia hanya 1,3% dari luas daratan dunia. Indonesia nomer satu dalam hal kekayaan mamalia (515 jenis) dan menjadi habitat dari sekitar 1539 jenis burung. Sebanyak 45% ikan di dunia, hidup di Indonesia.

Indonesia juga menjadi habitat bagi satwa-satwa endemik atau satwa yang hanya ditemukan di Indonesia saja. Jumlah mamalia endemik Indonesia ada 259 jenis, kemudian burung 382 jenis dan ampibi 172 jenis (IUCN, 2011). Keberadaan satwa endemik ini sangat penting, karena jika punah di Indonesia maka itu artinya mereka punah juga di dunia.
Meskipun kaya, namun Indonesia dikenal juga sebagai negara yang memiliki daftar panjang tentang satwa liar yang terancam punah. Saat ini jumlah jenis satwa liar Indonesia yang terancam punah menurut IUCN (2011) adalah 184 jenis mamalia, 119 jenis burung, 32 jenis reptil, 32 jenis ampibi, dan 140 jenis. Jumlah total spesies Indonesia yang terancam punah dengan kategori kritis (critically endangered) ada 68 spesies, kategori endangered 69 spesies dan kategori rentan (vulnerable) ada 517 jenis. Satwa-satwa tersebut benar-benar akan punah dari alam jika tidak ada tindakan untuk menyelamatkanya.

Penyebab Kepunahan Satwa Liar

Bayi orangutan yang dijual di pasar burungPenyebab terancam punahnya satwa liar Indonesia setidaknya ada dua hal yaitu:
  • Berkurang dan rusaknya habitat
  • Perdagangan satwa liar
Berkurangnya luas hutan menjadi faktor penting penyebab terancam punahnay satwa liar Indonesia, karena hutan menjadi habitat utama bagi satwa liar itu. Daratan Indonesia pada tahun 1950-an dilaporkan sekitar 84% berupa hutan (sekitar 162 juta ha), namun kini pemerintah menyebtukan bahwa luasan hutan Indonesia sekitar 138 juta hektar. Namun berbagai pihak menybeutkan data yang berbeda bahwa luasan hutan Indonesia kini tidak lebih dari 120 juta hektar.
Konversi hutan menjadi perkebunan sawit, tanaman industry dan pertambangan menjadi ancaman serius bagi kelestarian satwa liar, termasuk satwa langka seperti orangutan, harimau sumatera, dan gajah sumatera. Perburuan satwa liar itu juga sering berjalan seiring dengan pembukaan hutan alami. Satwa liar dianggap sebagai hama oleh industri perkebunan, sehingga di banyak tempat satwa ini dimusnahkan.
Setelah masalah habitat yang semakin menyusut secara kuantitas dan kualitas, perdagangan satwa liar menjadi ancaman serius bagi kelestarian satwa liar Indonesia. Lebih dari 95% satwa yang dijual di pasar adalah hasil tangkapan dari alam, bukan hasil penangkaran. Lebih dari 20% satwa yang dijual di pasar mati akibat pengangkutan yang tidak layak. Berbagai jenis satwa dilindungi dan terancam punah masih diperdagangkan secara bebas di Indonesia. Semakin langka satwa tersebut makan akan semakin mahal pula harganya.
Sebanyak 40% satwa liar yang diperdagangkan mati akibat proses penangkapan yang menyakitkan, pengangkutan yang tidak memadai, kandang sempit dan makanan yang kurang. Perdagangan satwa liar itu adalah kejam! Sekitar 60% mamalia yang diperdagangkan di pasar burung adalah jenis yang langka dan dilindungi undang-undang. Sebanyak 70% primata dan kakatua yang dipelihara masyarakat menderita penyakit dan penyimpangan perilaku. Banyak dari penyakit yang diderita satwa itu bisa menular ke manusia.

Hukum Perlindungan Satwa liar

Satwa liar Indonesia dalam hukum dibagi dalam dua golongan yaitu jenis dilindungi dan jenis yang tidak dilindungi. Menurut Undang-Undang Nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam hayati dan Ekosistemnya, perdagangan satwa dilindungi adalah tindakan kriminal yang bisa diancam hukuman penjara 5 tahun dan denda Rp 100 juta.
Daftar jenis satwa dan tumbuhan yang dilindungi menurut Peraturan Pemerintah No 7 tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa Liar bisa dilihat di link berikut: Daftar Jenis Satwa liar dan Tumbuhan Indonesia yang Dilindungi
Peraturan perundangan yang terkait dengan satwa liar dan hutan Indonesia, bisa dilihat di link berikut: Kumpulan Peraturan Perundangan tentang Satwa Liar di Indonesia

10 Hewan yang Unik dan Eksotik, Nyata tapi Mirip Imajinasi Animasi

Inilah mahluk yang paling fantastis dan di luar kebiasaan alis tidak normal, yang sangat bertentangan dengan imajinasi manusia dan masih dapat ditemui sampai sekarang.

1. Olm (Proteus anguinus)
Hewan amfibi ini, yang asli dari gua-gua terdalam dan tergelap di Eropa (yang paling terkenal di Slovenia) dan dulunya disangka “anak naga” telah menjadi salah satu dari hewan paling ganjil di dunia. Hewan ini buta total, dan kekurangan pigmentasi tubuh. Meskipun buta, ia dapat menangkap sinyal-sinyal kimiawi dan sinyal-sinyal kelistrikan melalui reseptor-reseptor di seluruh badannya. Ia memiliki kulit yang lunak dan pucat yang sedikit menyerupai kulit manusia yang sangat pucat, itulah sebabnya oleh penduduk setempat terkadang disebut “ikan manusia”.

2. Gurita mantel (Tremoctopus violaceus)
Hewan ini terlihat sangat kontras dengan gurita normal. Seolah-olah hewan ini berasal dari planet lain yang terjun kedalam laut dan menyukai tinggal di sana. Hewan betinanya 40.000 kali lebih berat dari yang jantan. Jantannya hanya memiliki panjang 2,4 cm sedangkan betinanya besar, dengan panjang lebih dari 2 meter. Jika merasa terancam, betina bisa memperbesar membrannya yang mirip mantel di antara lengan-lengannya sehingga terlihat lebih besar.

3. Katak gelas (Centrolenidae)
Yang menjadikan katak kecil asal Amerika Tropis ini begitu unik adalah ia memiliki kulit yang tembus cahaya, sehingga dapat dipelajari anatominya tanpa harus membedahnya. Beberapa organ internalnya seperti jantung, usus dan hati dapat terlihat sempurna jika dilihat dari bawah.

4. Blobfish (Psychrolutes marcidus)
Ikan perairan dalam yang bergelatin ini memiliki wajah yang sangat muram. Ditemukan di perairan sekitar Australia dan Tasmania, blobfish lebih bersifat pasif dalam hidupnya, dengan memakan detritus apapun yang dapat dijangkaunya. Ia kekurangan kekuatan otot dibanding ikan lain dan hampir tidak mengeluarkan energi saat berenang karena badannya yang lebih ringan dari air.

5. Assassin spider (Archaeidae)
Jangan khawatir, laba-laba ini panjangnya hanya 2 mm dan meskipun dengan nama dan penampakan yang menakutkan, namun ia sama sekali tidak berbahaya bagi manusia. “Lehernya” yang panjang didesain khusus untuk mendukung berat rahangnya yang besar, yang dilengkapi dengan gigi berbisa.

6. Hatchetfish (Sternoptychidae)
Tampak dari depan, ikan ini seolah-olah berasal dari planet lain. Ikan perairan dalam ini ditemukan di semua samudera kecuali daerah paling dingin, dan seperti olm dan blobfish, menghabiskan seluruh hidupnya dalam kegelapan. Ia dapat melihat dengan sebuah organ penghasil cahaya pada sisi-sisinya yang memungkinkannya untuk menangkap mangsa.

7. Kepiting berbulu (Kiwa hirsuta)
Dikenal juga sebagai “kepiting Yeti”, krustasea ini ditutupi dengan benda yang tampak sekilas seperti bulu, tetapi sebetulnya merupakan penutup setae yang padat, seperti yang ditemukan pada kaki beberapa jenis udang. Bulu-bulu ini kelihatannya berfungsi sebagai filter, mendetoksifikasi air dimana mereka hidup. Kepiting ini buta dan tidak berwarna dan hidup dalam kegelapan.

8. Naga Laut Berdaun (Phycodurus eques)
Ikan ini, yang masih berhubungan dengan kuda laut, bertahan hidup dengan berpura-pura menjadi ranting-ranting rumput laut yang mengapung. Ia berenang sangat lambat dan dorsal serta insang pektoralnya yang transparan dan hampir tidak dapat dilihat. Kebanyakan pemangsa bahkan tidak tahu kalau hewan ini ada. Hewan ini memiliki kebiasaan reproduksi yang aneh, betina meletakkan telur ke dalam badan pejantan melalui sebuah tabung panjang, dan pejantan membawa telur itu sampai menetas. Ikan ini ditemukan di pantai selatan dan barat Australia.

9. Tokek siluman berekor daun (Uroplatus phantasticus)
Hewan ini terlihat lebih mirip daun kering yang telah rontok, sehingga jarang terlihat oleh pemangsa. Ia ditemukan hanya di Madagaskar, dimana ia tinggal dalam hutan bersama reptil-reptil fantastis lainnya. Ia termasuk pemakan serangga dengan penampilan yang menakutkan tetapi tidak berbahaya bagi manusia. Sayangnya, spesies yang luar biasa ini terancam punah karena banyak diburu oleh penduduk dan merusak habitat alami mereka.

10. Ulat hemeroplanes
Ulat sederhana ini menduduki peringkat nomor satu dalam daftar ini. Hewan ini ibaratnya maha-karya hidup dari alam dan walaupun semua hewan menakjubkan, namun hewan ini yang paling mempesona. Sangat jarang dilihat dan hanya ditemukan di hutan hujan tropis di Mexico dan Amerika Tengah, makhluk kecil ini biasanya terlihat normal dan memiliki warna yang membosankan, tetapi jika diancam oleh predator, ia akan berubah menjadi luar biasa, ia menggantung dari sebuah cabang dengan kaki belakangnya, dan mengangkat bagian depan badannya, sampai terlihat persis seperti ular berbisa yang siap mengeluarkan bisanya. Bukan hanya mengancam, tetapi ia benar-benar akan menyerang musuhnya. Ulat Hemeroplanes ini belum banyak diketahui, dan yang menyedihkannya, hewan ini terancam eksistensinya karena penggundulan hutan.